Rabu, 21 Oktober 2009

JAPAN,,,JAPAN,,JAPAN,,^^

Kalo ditanya kebudayaan
dari negara mana yang
kita sukai, qta pastinya
bakal jawab " JA....PAN....WE LOVE U.... MUACH...MUACH... "( seandainya bisa dicium >0<, hikz...hikz...T0T). Pwendz...do you want to know about our lovely countries???( sok menginggris segala...cape deh...). .we will try to explain about this country to you.ok???(maafin kalo salah eja dll.hohoho) SO....LET'S GO READ FR3NDZ...
Jepang adalah sebuah negara di Asia Timur yang terletak di suatu rantai kepulauan benua Asia di ujung barat Samudra Pasifik.Sebutan resmi Jepang dalam bahasa Jepang ialah Nipponkoku atau Nihonkoku (日本国), yang berarti "negara Jepang". Biasanya, Jepang juga dipanggil dengan sebutan "negeri Matahari Terbit".

Jepang menganut sistem negara monarki konstitusional ( kekaisaran) berdasarkan sistem Britania. Dalam segi ekonomi, Jepang termasuk salah satu negara yang menguasai pasar ekonomi dunia. Ekonomi pasar bebas dan industri Jepang merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina dilihat dari segi paritas daya beli internasional. Ekonominya sangat efisien dan bersaing dalam area yang berhubungan dengan perdagangan internasional, tapi produktivitas lebih rendah di bidang agriklutur, distribusi, dan pelayanan.

Walaupun Jepang merupakan salah satu negara yang maju, Jepang tetap tidak meninggalkan kebudayaan-kebudayaannya yang keren-keren tersebut. Pada saat-saat tertentu, jepang tetap memakai pakaian ciri khasnya. ( hebat bukan??? palagi jaman modern kayak sekarang).

Nah cukup buat ulasan tentang jepangnya. NOW, about kebudayaan yang kita sukai..

kalo tentang kebudayaanya sih sebenarnya kami suka semuanya. palagi musim-musim tertentu bunga sakuranya yang mekar.. oh....romantisnya... ( sambil membayangkan diri kami memakai Yukata sambil berjalan-jalan di bawah pohon sakura. hehehehe....)
juga kimononya yang keren-keren n pakenya berlapis-lapis...(apa g berat tuh pake kain lebar segitu banyaknya. ckckckck... pantes aja orang jepang pekerja keras, lha mau-maunya bawa baju berlapis-lapis kemana-mana. tiap hari lagi. ckckck..). Kuil-kuilnya juga yang masih terawat sampe sekarang bahkan terkenal karena sangking banyaknya dan mistisnya.( g kayak indonesia, tempat sejarahnya udah banyak yang bobrok.gile...sayang banget).


Aoi Matsuri yaitu perayaan yang dilangsungkan setahun sekali di Tokyo pada bulan Mei. Menurut agam shinto, Aoi Matsuri berati ritual yang dipersembahkan untuk Kami ( bukan buat qta loh, tapi dewa),sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan.
Sebagian besar matsuri diselenggarakan dengan maksud untuk mendoakan keberhasilan tangkapan ikandan keberhasilan panen (beras, gandum, kacang, jawawut, jagung), kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, keselamatan dari bencana, dan sebagai ucapan terima kasih setelah berhasil dalam menyelesaikan suatu tugas berat. Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal. Makna upacara yang dilakukan dan waktu pelaksanaan matsuri beraneka ragam seusai dengan tujuan penyelenggaraan matsuri.

Perayaan ini disebut Aoi Matsuri karena daun tanaman Asarum caulescens (bahasa Jepang: Futaba Aoi) dijadikan hiasan selama perayaan, termasuk hiasan pada tutup kepala dan atap tandu. Aoi Matsuri sudah dicatat dalam literatur Jepang sebelum abad pertengahan.

Menariknya dari perayaan ini yaitu, perayaan ini diikuti oleh sebagian besar masyarakat daerah kyoto dan dilangsungkan selama 3 hari . ( WOW....*0*..). so, g heran deh kalo di omongin sebagai salah satu perayaan yang terbesar di Jepang. belum lagi sambil angkat-angkat benda-benda. apa g cape yah??? trus kalo mau maka, mandi, pipis gimana yah???jadi heran deh..
sangking besarnya, banyak juga turis yang memfot buat kenang-kenangan loh. pa lagi make up n bajunya yang lucu-lucu. walah..... G kuat....


~agy_chan~

0 komentar: